Zack

Foto saya
be better than yesterday..

Senin, Juni 25, 2012

Cerdas dalam Menghargai Karyawan

Dalam perjalanan kehidupan mencari (menjemput) penghidupan, kita akan dihadapkan pada beragam peran. Bisa jadi kita seorang karyawan swasta, karyawan negara (PNS), pengusaha, atau bekerja mandiri tanpa memiliki bos dan tanpa memiliki bawahan. Ini semua adalah peran mulia ketika kita bekerja di bidang yang baik (halal) dengan cara yang baik. Ukurannya terletak pada sebagus apa kinerja kita dan sepandai apa kita mensyukuri hasil yang kita peroleh. Memposisikan diri dengan cerdas dan ikhlas sehingga kiprah kita di jalan penjemputan rejeki ini menjadi  benar-benar pantas. Lalu, harmoni pun terbangun indah.

Ketika kita mendapati posisi sebagai seseorang yang di amanahi Allah untuk memiliki sebuah unit usaha dan kita memiliki karyawan, maka kita harus memainkan peran ini dengan sempurna. Peran sebagai bos atau atasan adalah peran yang kan menjadi berkah ketka kita mampu menghargai karyawan. Ketahulilah, bahwa karyawan adalah sahabat kita, mereka yang membantu kita untuk mampu membuat perusahaan senantiasa maju dan lebih baik.

Karyawan kita adalah manusia, bukan mesin yang dengan sembarang kita bisa berdayakan. Karyawan kita adalah manusia, maka tetap manusiakan mereka. Perlakukan mereka dengan baik, sentuh hati mereka dengan hati kita. Jangan sungkan untuk menyapa dengan ramah mereka saat memulai kerja, karena dengan sikap ramah kita kan membuat mereka lebih ikhlas dan bersemangat menjalani pekerjaannya. Biasakan memberikan pujian pada karyawan yang berprestasi, jangan sungkan, karena ini kan menjadi motivasi agar kinerja mereka jauh lebih baik lagi.

Ingat, karyawan juga butuh kebahagiaan dalam bekerja, dan bahagia itu bersumber dari hati yang bahagia. Maka bahagiakan hatinya tak hanya berupa materi (gaji pantas dan reward). Karena loyalitas yang dibangun hanya atas dasar materi, bukanlah loyalitas yang sebenarnya, ini hanyalah penumbuh awal loyalitas saja. Loyalitas yang sebenarnya akan muncul ketika mereka sudah merasa sangat nyaman bekerja diperusahaan kita. Nyaman karena kecerdasan dan ketulusan kita untuk menghargai mereka.

Menjadi sosok bos atau atasan yang perhatian, menyempatkan diri untuk tersenyum dan menyapa, sekedar menjabat erat dan menepuk bahu mereka. Menjadi sosok yang peka terhadap totalitas dan prestasi kerja mereka yang membuat mereka yakin bahwa mereka pun punya masa depan yang kan lebih cerah jika mengabdi di perusahaan kita. Mereka yakin, jika perusahaan maju, maka mereka pun akan maju. Sehingga mereka kan berkinerja dengan baik, agar perusahaan menjadi lebih baik dan imbasnya masa depan mereka pun membaik.

Karyawan adalah sahabat, mitra kerja yang sesungguhnya. Kita paham betul kalau setiap mereka butuh penghargaan, mereka semua butuh berkembang. Maka jadilah sahabat yang bisa memberikan itu semua. Dengan jalan kerjasama yang baik untuk mewujudkan perusahaan yang maju dan mensejahterakan. Jadi, raihah tangan mereka dan bergandenganlah menuju masa depan gemilang.

Besar atau kecil usaha kita saat ini, menghargai karyawan tetap harus dibiasakan!

Tidak ada komentar: